Membuat file bat / cmd untuk membersihkan file Virus di UFD atau HDD external

Lama tidak update blog… mudah-mudahan masih ada yang mau membaca…

Disini saya akan mengulas beberapa trik yang mungkin sudah umum tapi belum banyak yang mengerti… :)

Mengenal file Virus :

  • ekstensi yang sering digunakan: Virus berkembang seiring dengan fasilitas dan kecanggihan dari kemampuan pengguna komputer…dulu yang sering digunakan adalah aplikasi / ekstensi exe tapi dengan fasilitas yang terdapat di sistem komputer , akhirnya banyak digunakan ekstensi yang dulu tidak dianggap Virus.Misalnya : vbs ( visual basic script ) , bat , inf , cmd , lnk ( shortcut ) , cpl ( control panel ) , tmp ( temporer file ) dan lain-lain.
  • Cara penyebaran Virus : virus menyebar ( masuk ke komputer lain ) dengan berbagai cara… 1.menggunakan media yang mudah berpindah-pindah ke komputer lain…misalnya : dulu dikenal disket…sekarang penggantinya adalah UFD / flashdisk ataupun harddisk portable /external , CD / DVD , jaringan LAN / WAN / internet… . 2. menggunakan fasilitas WINDOWS / SISTIM OPERASI .Misalnya: startup , service , driver , registry , file sharing , folder / file sistem ( folder recycler , system restore , folder Windows , system32 , user profile dll ). 3. Menggunakan icon / nama yang menarik untuk di klik… misal: icon screensaver yang menarik , nama-nama berbau porn , dll . 4.Merubah folder atau file menjadi shortcut… ini berfungsi untuk pengguna komputer yang mereka hanya mengenal nama folder / file datanya… padahal folder dan file sebenarnya sudah dihidden / disembunyikan oleh virus…lalu digantikan file Virus / shortcut yang tujuannya file virus.
  • Macam-macam Virus… dengan melihat efek dan cara kerja virus .. berdasarkan pengalaman saya.. ada berbagai macam jenis… diantaranya: 1.Virus infektor…Virus jenis ini adalah Virus yang masuk / menyelinap  kedalam suatu file tertentu misalnya : sality ( menginfeksi file exe ) ramnit ( menginfeksi file : exe , dll , html ) dll. 2. Virus documents …Virus ini hanya menyerang file berektensi documents misalnya: doc ( word documents ) , xls ( excel documents ) . 3. Virus startup… virus startup adalah virus…yang dibuat cara masuk ke komputer / infeksi dengan cara , dijalankan waktu sistem booting… misal:ditaruh di startup , services , driver dll. 4.Virus encriptor …yaitu virus yang membuat file menjadi tidak bisa  terbaca dengan normal….karena telah di encript oleh  Virus tersebut…untuk mengembalikan harus mengetahui kode yang benar …dan yang memilikinya adalah Si Pembuat virus. 5. Virus Malware….jenis ini adalah Virus yang biasanya banyak berkeliaran di internet…bisa bernama : spyware , trojan , dll
  • Cara mengatasi Virus……karena virus memiliki berbagai jenis karakter…maka cara mengatasinya pun berbeda-beda….. 1. Virus infektor ……Virus ini cara membersihkannya harus menggunakan cleaner khusus untuk mengembalikan file yang telah terinfeksi menjadi..normal kembali… misalnya: Virus sality dibersihkan dengan sality killer. Virus ramnit menggunakan file bernama ramnit killer dll. Ada yang berfungsi mengembalikan berbagai virus infektor .. misalnya : NOD stand alone..tetapi sayangnya sudah discontinue… alias tidak diupdate lagi… :)   2. Virus Documents…Virus Documents biasanya sudah banyak anti Virus yang mempunyai fasilitas untuk merepair / memperbaiki documents menjadi file yang normal kembali. 3. Virus Startup …Untuk mengatasi Virus jenis ini … kita bisa menggunakan tool seperti : Autoruns , hijackthis , process explorer dll. 4. Virus encriptor ….file yang terkena Virus ini hanya bisa dikembalikan dengan cara membalik kode penyandinya…. 5. Virus MAlware…. dapat diatasi dengan cara men-scan menggunakan anti virus dengan update database Virus terbaru….

Sementara  ini dulu…. nanti disambung ke posting selanjutnya…. :)

***bersambung***

About these ads

Tentang Mpu-Elcom

Sholatku , ibadahku , hidupku , dan matiku , ku persembahkan untuk Allah tuhan Alam semesta...
Tulisan ini dipublikasikan di Tips&Triks dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s