Kembalikan Data Yang Terhidden (disembunyikan) virus

                             Banyak yang awam dengan  file tersembunyi (hidden) ,sehingga kalau ada flash disk (UFD) discan pakai anti virus ,kemudian ke deteksi ada virus dengan nama yang sama dengan nama file dokumen-nya,takut kalau filenya hilang atau terhapus.

                             Sebenarnya Virus data (virus yang menyerang data) itu ada berbagai karakter dan juga cara menanganinya  yang berbeda , antara lain:

1. Menghidden (menyembunyikan)  file dan folder yang asli kemudian menggantikannya, dengan file virus yang namanya sama dengan nama file dan folder yang dihidden.hanya bedanya ekstensi file tersebut adalah ber extension scr atau exe.yang  ukuran dan tanggal (waktu pembuatan) sama.

Untuk yang type ini kita bisa mengatasi dengan cara :

ketik cmd di menu run atau  start menu>all program>accessories>command prompt.kemudian seandainya flash disk di drive  G:   maka ketik    “attrib *  /s /d -s -h -r  G: ” maksudnya : merubah attribut semua file ,folder,dan sub folder menjadi bukan file system,tidak hidden ,dan bukan read only. “di drive G”dengan cara itu, kalau ada file yang dihidden virus ,maka akan tampak  ada dua file sama TAPI ektensinya beda,satu doc (dokumen) dan satunya exe, atau scr (virus).Ini perlunya menampilkan extension file,agar tidak ter tipu.

2.  merename (menggantikan) nama file atau folder menjadi berekstensi scr,exe (virus ).Untuk yang type ini walaupun di attrib seperti cara pertama, kita tidak akan menemukan data kita.Karena mungkin sudah dienskipsi,sehingga harus tahu deskripsinya.Atau mungkin Kalau bisa , menggunakan software seperti “get data back” atau yang lainnya.

3.    Menginfeksi (merubah), kalau yang type ini kita dapat mengembalikan dengan tools restore my filenya mas ebta setiwan.Silakan down load di blognya  ebtasoft.web.id .

4.Men-delete (menghapus),ini lebih mudah pakai get data back.untuk mengembalikannya.

Untuk menghidden file atau sebaliknya (menampilkan file) bisa menggunakan hidden file tool buatannya mas ebta setiawan.

Atau bisa gunakan PCMav anti virus  update terbaru .Kalau kedeteksi  maka otomatis akan dikembalikan normal.Itu kelebihan pcmav antivirus.Makanya silaKan kirim sample virusnya .Bisa juga ke ansav.com agar anti virus indonesia semakin oke…..

Tentang Mpu-Elcom

Sholatku , ibadahku , hidupku , dan matiku , ku persembahkan untuk Allah tuhan Alam semesta...
Pos ini dipublikasikan di Tips&Triks dan tag . Tandai permalink.

3 Balasan ke Kembalikan Data Yang Terhidden (disembunyikan) virus

  1. mpuelcom berkata:

    Wah !! Dasar Udin…..😀

  2. chamim berkata:

    om mpu. q mw tanya niy……….
    UFD q error.
    waktu q masukin ke comp ga kedeteksi namae. malah jadi removable…
    q coba klik e………hhhhhh malah insert disk. padahal masih nancap om. q lihat di device manager gada tanda pentung. waduh q udah nyerah om. bantuin dong om?????? oiya 1 lagi waktu q masukin di computer yang ada FDGUARDnya langsung mati itu FDguard. kirim ke emailq ya om…..ch4mio64@gmail.com makace sebelumnya. KALO BISA JANGAN DISURUH BELI UFD YANG BARU ya om.

  3. Mpu-Elcom berkata:

    1.UFD harus dikenali di device manager sebagai usb mass storage device.
    2.Kalau sudah tinggal masuk di my computer>Click kanan>manage>Disk management bila ada removable disk>click kanan explorer.
    3.Jika tidak ter deteksi di device manager mungkin butuh driver,atau coba dikomputer lain,jika tetap tidak kedeteksi berarti UFDnya IC memorynya rusak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s