Trik’s menghilangkan virus bagi pemula

Untuk teman-teman yang seperti saya ( masih belajar ) ada beberapa cara dalam menghadapi komputer yang kena virus.

diantaranya:

  • Kenali virus apa yang ada dalam komputer tersebut.Caranya antara lain :
  1. masukkan flashdisk kosong ( yang telah diformat ) ,  buat folder didalamnya. Karena kebanyakkan virus sekarang menggunakan media flash disk untuk penularan.Kemudian lihat dengan tool melihat hidden file , misalnya hidden file tool , atau kalau masih bisa pakai folder option untuk tampilkan file system dan hidden.
  2. Kalau komputer terkena virus , kemungkinan besar akan terlihat file atau folder hidden yang ada karena dibuat virus.Misalnya file boot.exe (varian virut dan sality)  folder recycler yang didalamnya ada *.vmx (conficker) , ise32.exe , boot.com dan lain-lain.  dan yang pasti kalau flash kita tanpa pengaman autorun ,  maka ada autorun.inf yang bila dibuka dengan notepad akan terlihat eksekusi file tertentu yang sudah pasti virus.
  3. Atau bila ingin aman untuk melihat flashdisk bisa menggunakan mini windows Xp yang ada di boot cd hiren 9.7 atau pakai linux.
  4. Bila ada file seperti yang disebutkan diatas , untuk mengenali jenis virus tersebut gunakan anti virus yang portable yang up to date.Misalnya NOD32 standalone , ansav , PCMav , eura dll.
  • Pelajari efek dan cara penanganannya , Setelah kita tahu jenis virusnya ,  kita harus tahu efek yang dihasilkan oleh virus dan bagaimana cara mengembalikan System komputer kita kembali normal.
  1. Gunakan Cleaner anti virus , artinya anti virus yang bisa mengembalikan file ke keadaan semula.Misalnya varian sality dan virut ,gunakan NOD stand alone , Untuk virus lokal gunakan pcmav , eura atau smadav anti virus.
  2. Bila ada file yang terpaksa harus dihapus , usahakan direname dulu.Kemudian dengan menggunakan mini windows xp / linux atau windows lain , gantikan file yang dihapus (direname ) dengan file yang sama dan bersih dari virus.
  3. Scan semua harddisk  , bila sudah  tidak ada virus dan system telah normal.Install anti virus yang mempunyai real protector dan pastikan update selalu database anti virusnya.
  • Yang perlu dihindari

1. Jangan menghapus file system yang kedeteksi anti virus.Gantikan dengan cara merename yang lama dan mengcopy yang baru dari komputer yang bersih.Sebelum direstart

2. Jangan terlalu mudah mencopy file exe dari komputer yang belum yakin benar kebersihannya dari virus.

Silakan bertanya kepada  yang lebih berpengalaman

🙂

Tentang Mpu-Elcom

Sholatku , ibadahku , hidupku , dan matiku , ku persembahkan untuk Allah tuhan Alam semesta...
Pos ini dipublikasikan di Tips&Triks dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s