Cara membersihkan Virus KIDO / Conficker / Downadup

Karena saya sudah mengalami terkena virus Conficker. Saya hanya bilang , dari segi kehalusan dan kecanggihan Virus ini bisa diacungi jempol.Karena cara penularannya ,  baik  melalui network / jaringan ataupun removable disk sangat cepat ,dan halus .

Waktu saya memperbaiki komputer teman , saya pasang ansav anti virus ( karena ringan dan ansav guardnya lumayan bagus .. :)  ) tank’s to http://ansav.com. Kemudian saya lepas flashdisk saya , dan karena ada yang kurang saya masukkan lagi flash tsb. Ansav quick Scan mendeteksi adanya Virus Conficker lalu saya delete.

Karena saya ingin mengetahui , virus itu dari flash disk atau dari komputer , lalu flashdisk   saya  remove dan saya tancapkan lagi.Ternyata ansav mendeteksi lagi adanya Conficker lagi.Berarti saya bisa menyimpulkan kalau komputernya yang terinfeksi Virus Conficker.

Lalu saya ambil langkah-langkah sbb:

1.       Matikan System Restore ,         Lepas ( disconnect ) jaringan ataupun internet.Karena selama  jaringan belum terputus ,  Virus ini akan kembali lagi menginfeksi komputer lain dalam suatu jaringan.

2.              Siapkan kido killer atau baca disini   http://support.kaspersky.com/faq/?qid=208279973

3.              Install ansav anti virus , karena bagaimanapun kita orang indonesia ,  kita harus bangga dengan produksi dalam negeri. Dan juga jalankan pcmav Express.Bila Error langsung aja Scan dengan kidokiller🙂

Setelah dijalankan pcmav Express ,  Ansav guard akan mendeteksi Virus Conficker  >  delete . !!

4.               Jalankan kido Killer sampai selesai…..

5.      Coba masukkan flash disk , ansav (anti virus ) deteksi virus lagi apa tidak , coba remove dan pasang lagi.Kalau ansav sudah tidak deteksi berarti sudah bersih.

5.       Gunakan patch windows dari microsoft , untuk menutup lubang Vurnability sesuai windows anda. download MS08-067 , ms08-068 , ms09-001 ingat install patch tsb sesuai versi Windows anda.

Untuk effect dan cirinya Virus ini sudah pernah saya tulis >disini< dan virus recycler >disini<

Tapi Virus ini kalau tidak online atau Connect internet / jaringan. Bahayanya hanya bila ada flash disk dia akan membuat autorun.inf dan folder recycler yang didalamnya ada file ber-extension vmx yang sebenarnya dll. Mirip yuyun jaga mengelabuhi kita dengan membuat scriptnya berextension db.

Tapi  biarpun Conficker  hebat ,  bagi saya effectnya masih lebih hebat  sality dan virut.Karena sality dan virut meng-infeksi semua file exe.Yang bagi pengguna windows adalah file terpenting…… :)  !!

Tapi bagaimana kalau keduanya bergabung… ?!   :(  semoga tidak terjadi…   karena akan banyak user / pengguna komputer.. yang tidak berdosa menjadi korban….😛

————————————–//———————————————–

Tentang Mpu-Elcom

Sholatku , ibadahku , hidupku , dan matiku , ku persembahkan untuk Allah tuhan Alam semesta...
Pos ini dipublikasikan di Tips&Triks dan tag , , . Tandai permalink.

22 Balasan ke Cara membersihkan Virus KIDO / Conficker / Downadup

  1. amel berkata:

    mas,komputer saya kena virus yang nyerang system32-nya.
    pas enak2 ngerjain apa gitu di komputer,,tiba2 keluar kotak cmd yang pas dibuka ternyata isinya cuma kursor yang jalan terus di dlm kotak cmd itu.
    namanya kalo gak salah ADSNT.exe
    gmn ya cara ngilanginnya?

  2. Mpu-Elcom berkata:

    Virus yang type spt itu. Coba pakai process explorer bila ada file yang berjalan tidak wajar ( bukan system atau program biasa ) kill dan sebelumnya kita hafalkan tempat (lokasi file tersebut ) rename / delete kalau yakin itu virus.Perlu diingat file yang berjalan di proses tidak bisa di delete sebelum processnya di endtask. kemudian matikan system restore , masuk msconfig atau bisa juga pakai hijackthis untuk melihat startup file , bila ada yang tidak digunakan ( menjalankan virus ) hilangkan cek list (msconfig) beri cek list (hijackthis) lalu eksekusi kemudian restart.

  3. bhochor berkata:

    wah sip nih infonya btw kemarin komp ku juga gitu trus karna bingung musti gmn karna udah pake ansav pro masih juga trus paka ansav home edition juga masih!!!!!……selanjutnya scan pake pcmav eh malah eror pcmavnya akhirnya ku instal ulang trus kupasangin avira udah aman nih sekarang tp setiap nyolokin USB autorunnya kebaca sebagai virus tuh ma avira cp…… dehhhhhhh

  4. Mpu-Elcom berkata:

    Saran: Sebelum install ulang scan semua Drive ( partisi ) …🙂

  5. RifQi berkata:

    mas patch windows untuk windows XP sp2 berapa yaa

    mohon petunjuknya

    saya tunggu via YM = j_ham_aya

  6. dony berkata:

    thanks gan info nya…
    kompi gw ud bersih skrng…

  7. DWIBUDI berkata:

    Hardisk eksternal saya terdeteksi oleh Ansav Virus Conficker 10. Ansav tak bisa melakukan clean, delete, dan karantina. Komputer segera saya matikan powernya, karena saya tak tahu tindakan yang harus saya lakukan. Virus ini masih ada dalam hardisk tersebut jika saya scan dengan ANSAV. Anda punya solusi?
    Terimakasih, jika mau berbagi. Komputer saya menggunakan Xp3

  8. Mpu-Elcom berkata:

    @Dwi pambudi: Harddisk external yang berformat NTFS akan ditulisi🙂 Virus Conficker dengan file berextension vmx di dalam folder recycler.lha yang membuat pusing file tersebut dilock sama virus… solusinya gunakan / install anti virus luar misalnya avast. karena anti virus luar lebih sempurna dalam meng-handle file sehingga bisa menghapus virus yang dilock file-nya.Atau anda bisa menggunakan linux live cd ( tidak usah diinstall ) cari folder recycler disemua hardisk bila ada file ber extension vmx silakan hapus karena itulah virus conficker.

  9. febry berkata:

    tsims ea kk.zipny. sangat berguna banget buat saya

  10. rendy berkata:

    mas com saya kan pekek modem hp cdma smart…
    tapi sekarang kuk malah disconnek sendiri ya masa itu kenapa apakah itu virus

  11. Mpu-Elcom berkata:

    @rendy: Connect – disconnect bisa dikarenakan hardware / modem HP juga bisa karena signal.. , transfer data yang berlebihan ( melewati kemampuan modem ).bisa juga dikarenakan Virus seperti Conficker…

  12. toto berkata:

    mas, apakah dgn menggunakan avast bisa menghapus virus conficker yg ada di folder recycler yg ada di external disk atau flashdisk, flash disk saya terkena virus tsb dan kebetulan flash disk saya diformat dgn ntfs. makasih sebelumnya

  13. Mpu-Elcom berkata:

    @toto: untuk menghapus conficker yang ada di flshdisk /external hardisk gunakan >Stinger Mc Afee Cleaner< silakan download dan Scan Conficker akan terhapus dan tidak mungkin bisa masuk lagi ..🙂 karena folder recycler yang dibuat oleh Virus Conficker akan sebagai pengaman.

  14. Dwiko berkata:

    Maas dari net saya tidak bisa membuka http://www.windows.com ataupun yang lain itu dikarenakan virus ya mas??
    dan bagaimana cara menanggulanginya..?

  15. Gading berkata:

    @Mpu Elcom
    Bagaimana menentukan patch yang sesuai dengan versi Wind*ws yang kita gunakan?Dari tulisan juragan Mpu-Elcom terdapat 3 patch Wind*ws sebagai berikut : ms08-067, ms08-068 , ms09-001

    Regard

  16. Mpu-Elcom berkata:

    Silakan lihat properties komputer anda.. My Computer>>klik kanan >> properties… di general akan terlihat Versi Wind*ws yang kita gunakan

  17. D-Wess2 berkata:

    Mas Mpu, gimana caranya membuat disable autorun/autoplay secara manual atau dgn software spya virus gak langsung msk, baik via internet maupun usb. Please donk. thanks before…

  18. Dagny Vanostrand berkata:

    I’d have to pass on with you one this subject. Which is not something I typically do! I love reading a post that will make people think. Also, thanks for allowing me to speak my mind!

  19. Margie berkata:

    mas.. sya mau tanya.. kl laptop sya ini.. dlm 2 minggu bs low disk ( hilang sekitar 2 gb an)
    itu karena virus kah? sementara sya cuma ol dgn mozila dan chat2 aja.. tidak download, tidak copy2 sama skali.. sementara bulan lalu.. hampir 20gb itu sya tidak dapat menemukan digunakan untuk apa.. data sya memang hanya sedikit di laptop ini..

  20. Mpu-Elcom berkata:

    @Margie: 1. coba matikan system restore… karena system restore akan menyimpan settingan / file backup untuk dikembalikan sesuai tanggal.. gunakan software pembersih file sampah , misalnya : Advance System Care….🙂
    Atau gunakan Vopt.. yaitu software cleaner sekalian defrag… silakan >>Download disini<<

  21. Galih berkata:

    mas mau tanya, apakah virus downadup juga mem-block website antivirus kayak avg, avira, kapersky dsb..?

Tinggalkan Balasan

