Spesifikasi Komputer…

Pernahkah anda membeli / merakit Komputer , dengan harga yang mahal-mahal tapi pada kenyataannya Komputer  kecepatannya tidak seperti yang diharapkan ? ..

Memang bisa jadi , yang terbaik adalah yang termahal. Tapi untuk peralatan komputer cara memilihnya bukan dengan membeli yang paling mahal. Lalu bagaimana ?

Komputer terdiri dari berbagai komponen yang hampir semua pabrik pembuatnya akan bilang yang terbaik… !

Untuk mengetest Komputer kita tidak boleh pakai perkiraan atau katanya.Tapi ada Software yang memang dibuat untuk membandingkan performa komputer secara akurat.

Diantaranya :

everest , sisoft sandra dan lain-lain

Tapi secara fisik pun kita harus mengetahui ciri ataupun tanda yang ada di setiap komponen komputer.

Diantara komponen komputer :

Processor : Processor yang perlu kita lihat adalah speed ( misalnya 1.8 Gb , 2,4 Gb dst ) semakin tinggi akan semakin cepat proses pengolahan datanya.Memory cache ( L2 cache , misalnya 512k , 1 M , 2M , 4 M ) semakin besar memory cache processor kecepatan pengolahan datanya pun akan lebih cepat. FSB ( front Side Bus ) , semakin tinggi FSBnya trasfer data akan semakin cepat ( misalnya : 100 Mb , 133 Mb , 400 Mb , 533 Mb , 800 Mb ) , Teknologi , seperti 3D now , SSE , 64 bit dan dst.Semakin lengkap teknologinya akan semakin baik kemampuannya dan pasti semakin mahal….

Matherboard :Matherboard sendiri adalah kumpulan dari berbagai Chipset ( IC ) , yang utama adalah :

Chipset southbridge , yang berhubungan dengan IDE ( cdrom , Harddisk ) USB port , RTC ( time ) / ic CMOS.chipset ini akan mempengaruhi berapa kapasitas dan speed harddisk yang mampu dideteksi.

Chipset Northbridge , yang berhubungan dengan grafik ( VGA )  , FSB Processor dan speed memory.

Untuk menghasilkan yang terbaik , kita harus mencari matherboard yang kemampuannya FSBnya tinggi (misalnya 800 Mb )

Dan usahakan untuk VGA , tidak ONBOARD ( internal ) , karena ONBOARD akan mengurangi performa Komputer. Tapi kalau untuk menghemat dana ! gunakan Chipset yang jelas mempunyai VGA ONBOARD yang bagus ( misalnya : NFORCE dari NVIDIA ) .

RAM , memory RAM ( Random Access Memory ) digunakan untuk jalan ( perantara ) transfer data dari Processor ke Chipset NORTHBRIDGE dan media penyimpan sperti harddisk . Usahakan FSB ( PC-nya ) yang tinggi misalnya 667 Mb atau 800 Mb PC 5300 dst .

HARDDISK , harddisk pun berpengaruh ke kecepatan komputer , itu dipengaruhi oleh RPM , cache , danThroughput harddisk . maka yang di cari adalah RPM dan memory cache yang tinggi.Misalnya: RPM 7200
Tapi dalam kenyataannya tidak semua apa yang tertulis di Fisik hardware itu sesuai dengan performa sesungguhnya ,  mungkin ini tanggung jawab vendor ( pabrik pembuat ) agar kita tidak tertipu dengan tulisan , maka kita gunakan software untuk mengetahui performa sesungguhnya…..

Tentang Mpu-Elcom

Sholatku , ibadahku , hidupku , dan matiku , ku persembahkan untuk Allah tuhan Alam semesta...
Pos ini dipublikasikan di Hardware dan tag , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Spesifikasi Komputer…

  1. hendri berkata:

    mas, artikel ini kumuat di kepanjen media edisi depan (maret). nanti kutulis: dipersembahkan oleh http://www.mpu-elcom.co.cc. oke?

  2. Mpu-Elcom berkata:

    Oke!.. bos 🙂 silakan pilih , kalau perlu dibuatkan artilkel silakan Request artikel tentang apa !?… ( koyok wong kepinteren ae.. ha.. ha..😀 )

  3. Sherrie Misra berkata:

    I’d be inclined to engage with you one this subject. Which is not something I typically do! I enjoy reading a post that will make people think. Also, thanks for allowing me to speak my mind!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s