Data yang ter-overwrite sulit untuk dikembalikan ( RECOVER )

Waktu seminggu tidak internetan terasa sangat berat bagi saya…🙂 , tapi ada pengalaman yang menarik….

Baru  sehari saya berlibur ke rumah mertua ( ibu istri saya ) Flexi saya combo dan saya alihkan dengan tekan *77 tidak lama telepon saya sudah berdering , dan beliaunya  yang bekerja di salah satu ruangan di kotamadya menghubungi dan memberitahukan bahwa data yang ada dilaptopnya hilang… karena berurusan dengan data saya langsung kembali ke Malang , setelah saya buka laptop tersebut ternyata sudah diinstall , setelah saya tanya kata beliaunya laptop tersebut asal mulanya terkena virus , lalu di Scan pakai anti virus dan laptop ( komputer tidak bisa booting ) .Karena tidak bisa booting akhirnya diinstall ulang.

Singkat cerita saya coba kembalikan data , tapi yang bisa saya kembalikan hanya sebagian data yang utuh tapi untuk nama folder dan file masih terlihat utuh.

Dari Cerita di atas dapat diambil manfaat dan kesimpulan :

  1. Jangan Menghapus file system hanya karena kedeteksi Virus.Sudah menjadi kebiasaan kita sebagai pengguna komputer , menganggap virus adalah file yang berbahaya . Sehingga bila ada file yang terdeteksi sebagai virus , langsung kita hapus. Terutama file system yang memang berfungsi sebagai file operating system yang komputer tidak akan menyala tanpa file tersebut. Bagaimana cara mengatasinya ?. Untuk mengatasi ( menyelesaikan ) file system yang terkena virus , kita harus menggantikannya dengan file baru yang sama , dari komputer yang tidak terkena virus sebelum kita restart. Karena bila sudah kita restart komputer tersebut tidak akan booting sebelum kita menggantikan file system yang terhapus  dengan cara menggunakan Booting dari Operating system yang lain.
  2. Mengambil data sebelum diinstall Ulang. Kesalahan yang kedua adalah menginstall ulang sebelum data di ambil ( backup ). Ada sebagian teknisi yang merasa yakin bisa mengembalikan data menggunakan software seperti get data back , Recuva dll. Mereka tidak memahami bahwa data yang bisa dikembalikan sempurna hanyalah data yang tidak ter-OverWrite yaitu tidak tertindas data baru dialamat yang sama. Bila ada data baru yang menempati alamat data  yang lama , sulit dipastikan data lama bisa dikembalikan utuh.
  3. Gunakan utilities ( OS ) lain untuk mengembalikan file system yang terhapus ataupun mengambil data yang diperlukan.Misalnya kita bisa gunakan linux , mini windows Xp yang ada di cd hiren mulai versi 9.7 , atau kita lepas Harddisknya dan kita fungsikan sebagai slave dan kita pasang di komputer yang windowsnya Normal.
  4. Back up Driver , Sebelum install ulang bila kita masih bisa masuk windows yang akan diinstall ulang , saya sarankan untuk mem-backup driver system tersebut dengan software backup driver , misalnya double driver atau Driver genius dsb… karena untuk menjaga agar tidak sampai terjadi device yang tidak ada drivernya…

Semoga ini bisa menjadi pelajaran bagi kita semua…betapa berharganya sebuah data

Tentang Mpu-Elcom

Sholatku , ibadahku , hidupku , dan matiku , ku persembahkan untuk Allah tuhan Alam semesta...
Pos ini dipublikasikan di Tips&Triks dan tag , , , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Data yang ter-overwrite sulit untuk dikembalikan ( RECOVER )

  1. John1164 berkata:

    Very nice site!

  2. azis berkata:

    gimana cara untuk mengembalikan data yang terhapus sendirinya karena terkena virus komputer ????

  3. Mpu-Elcom berkata:

    Untuk mengembalikan file yang terhapus gunakan Recuva dan tapi kadang file tersebut hanya disembunyikan Virus silakan baca artikel ini semoga bisa membantu…🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s