Kenapa Volume / kuota internet cepat habis ?

Untuk teman-teman yang pakai internet yang berbasis Volume base mungkin harus berhati-hati dalam pemakaian internetnya . Dalam kenyataannya pengguna tidak menduga kalau tagihan membengkak padahal mereka merasa tidak menggunakan internet secara berlebihan.

Perlu diketahui ada tiga layanan internet yang kita ketahui:

1. Unlimited , yaitu penggunaan internet bebas pakai selama waktu yang disepakati . Misalnya: 1 hari , seminggu , sebulan dst. Sehingga pengguna bebas mendownload , browser dll tanpa harus memikirkan tagihan membengkak. Tapi kekurangan dari layanan unlimited adalah pembatasan bandwidth sehingga kecepatannya terbatas.

2. Time base , yaitu penggunaan internet yang pembayarannya dihitung berdasarkan lama pemakaian . Untuk yang type ini akan menguntungkan bagi internet yang  dishare untuk beberapa komputer. Tapi kalau hanya dipakai untuk 1 komputer saya rasa rugi.

3. Volume base , yaitu internet yang pembayaranya dihitung berdasarkan atas jumlah / Volume yang telah ditransfer baik yang sifatnya download ataupun upload. Untuk yang type ini lebih baik untuk pengguna internet yang sering membaca ataupun browsing di internet.Tapi sangat merugi bagi pengguna yang sering mendownload .

Untuk pengguna yang berlangganan yang Berbasis Volume ( Volume base ) ada beberapa triks yang perlu diperhatikan diantaranya:

1. Kurangi seminim mungkin penggunaan plugin ataupun toolbar didalam browser anda . Karena toolbar ataupun plugin akan selalu terhubung / menghubungi servernya .Sehingga akan menambah transfer yang kita tidak sadari akan mempercepat jumlah Volume yang harus kita bayar.

2. Matikan fasilitas auto update dari software yang terinstall didalam komputer anda. Karena akan mencari server dari pembuat software tsb dan meng-update bila ada Versi yang terbaru.

3. Yang terbaik untuk internet yang berbasis Volume base adalah transfer  akan berhenti bila halaman / page sudah terdownload semua.

4. Gunakan spyware remover ataupun anti Virus yang mempunyai fasilitas menghilangkan trojan yang akan menjaga komputer dari pencurian data ataupun transfer data yang tidak kita inginkan…..

Atau kalau ada ide yang lain silakan beri saran…🙂

Tentang Mpu-Elcom

Sholatku , ibadahku , hidupku , dan matiku , ku persembahkan untuk Allah tuhan Alam semesta...
Pos ini dipublikasikan di internet dan tag , , . Tandai permalink.

6 Balasan ke Kenapa Volume / kuota internet cepat habis ?

  1. wawan berkata:

    mantab…^^

  2. Kenji berkata:

    Kalau ingin sangat hemat, buka webpage-nya jangan pake gambar.
    Setting aja browsernya. Cara paling hemat, namun kurang menguntungkan.

  3. Mpu-Elcom berkata:

    OKe !🙂 terima kasih…

  4. Carlena Sham berkata:

    This domain appears to get a great deal of visitors. How do you advertise it? It gives a nice individual twist on things. I guess having something real or substantial to give info on is the most important factor.

  5. Farin berkata:

    artikel yang bagus, menambah wawasan saya..
    sekali2 jalan jalan ke blog saya ya,

  6. Mpu-Elcom berkata:

    @Farin terima kasih…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s