Avatar ? …Sekedar pemikiran saya :)

Avatar…. hampir semua orang mengerti / mengenal siapa dia? , sampai anak kecil-pun tahu… yaitu seorang tokoh legenda.. yang menguasai elemen : Tanah , Air , Api , dan Udara…

Sudah menjadi rahasia umum.. bahwa Negeri Cina adalah gudang ilmu pengetahuan sampai Nabi Muhammad-pun yang dalam kenyataan mungkin belum pernah ke negeri Cina menganjurkan kepada umat-nya “untuk belajar sampai ke negeri cina”.

Sekedar yang saya ketahui.. manusia memang ciptaan yang terlengkap.. karena terdiri dari berbagai susunan elemen dasar :
1. Tanah… adalah elemen yang membentuk badan fisik kita. Dan untuk memupuk sel-sel yang ada didalam tubuh kita , kita harus menggantinya dengan makanan yang berasal / tumbuh dari tanah.. misalnya : sayuran , buah-buahan dll. Jadi bila kita meng-konsumsi makanan yang tidak berasal langsung dari tanah misalnya : daging , apa lagi bahan kimia maka pencernakan kita akan terganggu.Sehingga akan lebih mudah terkena berbagai macam penyakit.
Elemen tanah dalam sifatnya bisa  digambarkan dengan nafsu lawwamah… yaitu sifat perusak ( hasud , kebencian , suka men-cela dll ) yang sebenarnya kita bisa mengarahkan dengan cara membenci kemalasan , kekerasan dll dan hal-hal buruk yang ada di dalam diri kita. Sehingga diri kita akan termotivasi untuk berbenah diri.
Elemen tanah berfungsi sebagai Pengawas / peng-audit / pemeriksa…

2. Air.… adakah orang yang tidak membutuhkan air ? , bahkan dalam kesehatan kita setiap hari dianjurkan untuk minum sebanyak 8 gelas.Ini membuktikan betapa pentingnya elemen air.Didalam sifatnya  , air digambarkan bersifat mutmainah , yaitu : tenang , rendah hati , selalu mengalah.Tidak suka kekerasan dll.Karena Air adalah unsur dari  perasaan. Bila kita mau menyempurnakannya kita akan peka dengan makluk sekitar ,  tidak egois , dan mempunyai insting yang tajam.Elemen Air adalah sebagai tokoh  agama / pendidik  didalam diri kita.

3. Api....bisa ditebak api adalah amarah…tapi api bisa menjadi kita mempunyai  semangat , angan-angan , harapan yang dengannya seseorang bisa mempunyai rancangan / desain / planing.Dengan elemen Api , kbisa membuat diri kita tegas , disiplin , berani … sehingga bila ada yang mengganggu kita, kita mempunyai keberanian untuk melawan bila hak kita direbut orang lain.Elemen Api adalah angkatan bersenjata / tentara didalam diri kita.

4. Udara… elemen udara bersifat lebih lembut dalam kenyataan…karakter udara adalah karakter diplomator atau marketing. yang berfungsi untuk menunjang perekonomian kita.. dia bisa masuk ke semua karakter untuk mendapatkan sesuatu yang dia inginkan… .Elemen Udara adalah Diplomator / marketing kita.

Kalau mau menghubungkan dengan agama… setiap agama saya rasa ada contoh sosok / tokoh yang bisa menguasai salah satu atau bahkan semua elemen diatas…

Misalnya :

Karena saya beragama Islam , saya men-contohkan tokoh / Figur yang ada dan beragama Islam….

1. Tokoh yang menguasai elemen air adalah Sayidina Abu Bakar Assiddiq R.A… karena beliau adalah salah satu sahabat nabi , yang tidak banyak bicara . Tapi lebih banyak memberikan contoh dengan cara mengamalkan perbuatan baik untuk diri beliau dulu…lalu baru ditularkan / diajarkan kepada orang lain.

2. Tokoh yang menguasai elemen Api adalah Sayidina Umar .R.A… siapa yang tidak mengenal sayidina Umar… beliau mendapat julukan “singa padang pasir” , beliau adalah sosok tauladan : tegas , adil , dan berwibawa. walaupun terhadap diri ataupun keluarga beliau.

3. Tokoh yang menguasai elemen Udara adalah Sayidina Utsman bin Affan .R.A…Beliau terkenal dalam berdagang / berdiplomasi dan juga terkenal penyantun… sampai beliau menyediakan tempat khusus untuk tamu beliau , yaitu setiap tamu yang datang pasti di persilakan makan dan minum..

4. Tokoh yang menguasai elemen tanah adalah Sayidina Ali K.W…. beliau adalah korektor , tapi bukan hanya peng-koreksi… beliau pembimbing orang yang rusak , jahat bisa menjadi sadar dan menyadari.. sehingga didalam golongan “SUFI” Sayidina Ali menjadi Guru untuk 40 Aliran dan Sayidina Abu Bakar 1 Aliran yang “mu’tabaroh” atau sah karena mempunyai Silsilah yang terhubung ke Nabi Muhammad S.A.W

Dan Tokoh yang menguasai semua elemen adalah ” Sayidina Muhammad S.A.W”

Coba yang ber agama lain silakan direnungkan , pasti ada diantara tokoh agama anda yang menggambarkan sifat-sifat elemen seperti diatas..

Karena agama bukan hanya ritual fisik , tetapi agama adalah aturan Tuhan yang mengatur : Fisik ( tanah ) , Perasaan ( Air ) , Angan-angan ( Api ) , kehendak / niat ( udara ) . Sehingga kita sebagai manusia akan menjadi makhluk yang sempurna dalam mengendalikan Fisik, tingkah laku , perasaan , angan-angan , dan niat kita… bisa selaras dengan alam dan Kehendak Tuhan Kita.

Tentang Mpu-Elcom

Sholatku , ibadahku , hidupku , dan matiku , ku persembahkan untuk Allah tuhan Alam semesta...
Pos ini dipublikasikan di sekedar info dan tag , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Avatar ? …Sekedar pemikiran saya :)

  1. lutvi berkata:

    yup…film avatar bagiku sebuah ilmu hakikat dari kehidupan manusia…

  2. vava berkata:

    Semoga kita semua mendapatkan hikmah dari pelajaran tersebut diatas. Amien

  3. hendri berkata:

    oke, sepakat dengan pendapatnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s