Merubah data di ntuser.dat ( settingan user Windows NT )

Untuk admin jaringan / teknisi jaringan , terutama untuk yang jumlah user di masing-masing komputer ada beberapa user, tentu butuh memperbaiki / merubah masing-masing user.

Mungkin bisa saja dengan cara menghapus user dan membuat account baru lagi.Tetapi disini akan saya berikan cara yang mungkin kalau saya mau jujur , akan banyak yang menggunakannya untuk mendapatkan data settingan yang ada di komputer atau di user lain…..🙂

ntuser.dat adalah nama file yang terdapat di folder %userprofile% yang isinya adalah settingan dari maisng-masing profile user , sehingga bila kita mengcopy dan mengeditnya .. maka kita bisa merubah secara offline profile dari user tersebut ,  tanpa harus berada di komputer yang akan dirubah..

Disini saya hanya sekedar menunjukkan cara… tetapi untuk penggunaan saya sarankan..untuk kebaikan… bukan untuk ngerjai atau mengganggu….user / pengguna komputer lain.

Caranya:

  1.        Copy file ntuser.dat yang ingin kita modifikasi…  yang jelas file tersebut berada di folder C:\Documents and Settings ….
  2. Setelah kita copy file ntuser.dat kita bisa mengeditnya di komputer manapun yang penting OS nya ya tetap windows. Karena yang diperlukan adalah regedit.exe
  3. Untuk mengedit file ntuser.dat silakan buka regedit……caranya  ketik Menu dirun regedit lalu enter….. akan tampil regedit….
  4. klik pada HKEY_LOCAL_MACHINE atau HKEY_USERS    setelah itu silakan klik File dan pilih Load Hive
  5. Arahkan ke ntuser.dat yang kita Copy dan akan kita edit…. sekedar info: kita tidak bisa meng-edit profile yang sedang aktif
  6. Setelah kita klik file ntuser.dat kita butuh membuat folder /  key untuk tempat ntuser.dat yang kita kita edit.
  7. baru silakan diedit dan setelah selesai silakan di Unload Hive.

Untuk bahasa yang digunakan regedit saya sendiri bukan ahlinya…  untuk keamanan , sebelum diedit file ntuser.dat yang asli harus tetap di backup .. jadi sewaktu ada masalah tinggal mengembalikan file aslinya..selamat mencoba…🙂

Tentang Mpu-Elcom

Sholatku , ibadahku , hidupku , dan matiku , ku persembahkan untuk Allah tuhan Alam semesta...
Pos ini dipublikasikan di Tips&Triks dan tag , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Merubah data di ntuser.dat ( settingan user Windows NT )

  1. Molorapo Funk berkata:

    HDD external saya terkena virus awalnya semua folder hanya berupa shortcut(file2 di luar folder bisa kebaca).setelah scan pake avast,avira dan smadav semua folder yg berupa shortcut hilang (file2 di luar folder tetap kebaca). Saya coba jalankan winrar.exe di situ semua folder dan file diluar folder dapat kebaca dan dijalankan.Mohon bantuannya.

  2. Mpu-Elcom berkata:

    @Molorapo Funk: itu kemungkinan terhidden system virus … untuk tampilkan kembali gunakan perintah lewat prompt (cmd) attrib.exe * /s /d -s -r -h di dalam partisi / folder yang ingin ditampilkan..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s