Apa yang bisa saya perbuat / lakukan ( bukan apa yang bisa saya dapatkan )

Berdasarkan pengalaman dan perjalanan hidup…saya menemui berbagai macam karakter orang …ada yang sombong , rendah hati , sok tahu , pemalu , sok suci , putus asa , terlalu yakin akan dirinya… dsb….

Akhirnya didalam diri saya ada pertanyaan , Tuhan menciptakan berbagai karakter , sifat , sikap itu sebenarnya untuk apa?

Kalau kita mau memikirkan , sebentar saja….manusia hidup ( dijadikannya manusia)  secara sempurna..baik dalam bentuk ataupun kemampuannya..( fisik , perasaan  angan-angan ) sebenarnya adalah untuk menata dunia menjadi lebih baik…. ( kholifah=pemimpin=pengatur=perawat=penjaga )

Dan perbedaan sifat dan sikap tersebut .. sebenarnya manusia di beri pelajaran oleh Tuhan untuk bagaimana bisa men-sinkronkan sikap dan sifat yang berbeda tersebut menjadi saling menghargai dan menghormati sifat dan sikap orang lain .

Yang akhirnya masing-masing dari kita tidak ada yang merasa lebih hebat ataupun lebih kuat.Karena merasa saling membutuhkan satu sama lain.

Coba kita berfikir dalam sekala kecil contohnya  suatu lembaga / organisasi…berapa orang yang benar-benar memikirkan pengembangan lembaga / organisasi tersebut ,artinya  bukan hanya sekedar mulut saja yang bicara ??!!! berapa lama umur suatu lembaga dan pencapaian yang telah dicapai saat ini ….itu adalah bukti perduli atau tidaknya anggota yang ada didalamnya.

Saya misalkan , andai ada bantuan dana….apa yang difikirkan anggota-anggotanya.. kalau dalam pengetahuan umum saya di Indonesia…. Seorang pemimpin akan mengatur rencana … bagaimana bisa dapat bagian dari bantuan  dana tersebut…baik dengan membuat pembelian / perjanjian dengan cara lewat partner yang bisa diatur masalah harganya dan laporannya…kemudian yang disuruh membeli barangpun ke toko minta ditulis harga di nota dengan cara di-up-kan untuk mendapatkan untung…padahal mereka sebenarnya semua sudah mendapat gaji.

Yang lebih uniknya  lagi dari kejadian diatas … mereka melakukan Ibadah dengan tekun kepada Tuhannya.  Aneh TApi Nyata

Andai saja semua anggota , mengawasi masing-masing dirinya dengan hati dan jiwanya mungkin tidak akan terjadi seperti diatas.Bila pemimpin mengerti kepada anak buahnya…bukan hanya memerintah tapi juga dikasih uang transport dll. mungkin anak buahnya berbeda cara berfikirnya dengan yang hanya di perintah dan dimarah-marahi.

Itu hanya masalah duniawi … kalau kita mempunyai keyakinan yang kuat kepada Tuhan , kita tidak akan terpengaruh siapapun pemimpin , teman , lawan kita.Karena semua perbuatan dan jiwa kita , kita persembahkan untuk Tuhan ( ikhlas ) , Tuhan yang akan mengatur semuanya… akhirnya didalam diri kita tidak ada yang namanya mengeluh , merasa rugi , putus asa dan lain-lainnya.Karena kita percaya bahwa Tuhan lebih mencintai dan menyayangi kita dari pada diri kita sendiri…. contoh yang nyata : nafas , detak jantung , pertumbuhan …. kita tidak pernah memikirkannya , tetapi Tuhan telah dan akan selalu merawat kita….. itu bukti bahwa kita hanya sok perhatian kepada diri kita  padahal NOL BESAR….  🙂

Akhirnya:

  1. Berfikir , berperasaan , berangan-angan , dan berkeyakinan yang baik dan benar baik terhadap sesama makhluk hidup apalagi kepada TUHAN.
  2. Yakinkan pada diri kita bahwa Tuhan jauh lebih perduli kepada kita dari pada diri kita sendiri.
  3. Jangan merencanakan hidup anda terlalu jauh , tetapi berprinsiplah “Apa yang terbaik saya lakukan saat ini ? “
  4. Berprinsiplah apa yang harus saya lakukan , jangan berprinsip apa yang akan saya dapatkan.Karena setiap ada aksi pasti akan timbul reaksi , setiap ada sebab akan ada akibat. hasil adalah akibat perbuatan kita , bagaimana kita akan mendapat hasil jika kita tidak melakukan apa-apa ?…….

“Ya Allah umurku engkau yang mengetahui , apapun kebaikan yang aku lakukan bersumber dari rahmat-MU , bagaimana bisa aku merasa memiliki kebaikan itu….dan semua keburukan yang aku lakukan bersumber dari kecerobohan dan kelalaianku….bagaimana aku bisa menimbang kebaikan yang sebenarnya adalah rahmat-MU dengan keburukan dari hasil perbuatanku……..

Hanya dengan Sifat Pengampun-MU aku memohon….ampunkanlah  semua kesalahanku….dan dengan rahmat-MU aku memohon jadikanlah semua hidupku kebaikan-MU sehingga aku akan kembali kehadirat-MU dengan mendapatkan ridho dan kasih sayang-MU”

Tentang Mpu-Elcom

Sholatku , ibadahku , hidupku , dan matiku , ku persembahkan untuk Allah tuhan Alam semesta...
Pos ini dipublikasikan di sekedar info dan tag , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Apa yang bisa saya perbuat / lakukan ( bukan apa yang bisa saya dapatkan )

  1. as berkata:

    Setuju banget sm artikel nya bang🙂 itu juga yg saya pikirkan🙂

  2. harry potter berkata:

    Askum,…
    Semoga hanya ALLAh lah yg kita maksud,
    dan semoga juga Hanya Keridhoanya lah yg kita cari.

  3. Mpu-Elcom berkata:

    @harry potter: Wa ‘alaikum salam… Amien…

Tinggalkan Balasan

