Kenapa dan bagaimana mengatasi blue screen komputer

Banyak sudah panduan dan keterangan yang terdapat di internet tentang apa yang dinamakan blue screen.Tetapi disini saya akan menjelaskan dengan cara dan berdasarkan pengalaman saya sebagai teknisi komputer.Jadi mungkin dari segi tata bahasa saya tidak sesuai dengan yang ada di wikipedia dsb… tetapi lebih menjurus ke arah yang cenderung praktis.

Blue screen adalah tampilan biru yang didalamnya ada keterangan yang menjelaskan adanya kesalahan hardware maupun software sehingga komputer tidak bisa melakukan proses booting sampai ke tampilan windows dengan sempurna.

Secara praktis dapat diartikan , ke-tidak cocok-an antara alamat perintah dari software dengan alamat memori yang terdapat di hardware komputer.

Sebab-sebab blue screen :

Blue screen bisa disebabkan karena sofware dan juga bisa disebabkan karena hardware.

Blue screen yang disebabkan karena software:

  1. Virus : virus infektor ….virus yang meng-infeksi suatu file program ataupun file sistem…sehingga bisa merubah perintah yang ada didalam program tersebut.sehingga akan menimbulkan bug ataupun crash yang akan mengakibatkan blue screen.
  2. Driver: Driver peralatan komputer seperti sound card , VGA card , LAN card , Modem dll adalah software yang berhubungan dengan hardware.sehingga bila kita memasukkan driver suatu peralatan komputer harus benar-benar sesuai , baik itu sistem operasinya , versi hardware maupun cara instalasinya…karena bila kita salah pilih akan bisa membuat komputer anda blue screen.
  3. Kernel : kernel adalah software dasar dari sebuah sistem operasi…sehingga kita harus benar benar teliti dalam meng-install  sistem operasi didalam sebuah komputer.Misalnya: kita menggunakan hardware produk AMD jangan diinstall sistem yang menggunakan i386 …karena i386 adalah digunakan untuk produk dari intel.
  4. Aplikasi / program : kita sebelum instalasi sebuah program di komputer kita , harus melihat spesifikasi dari software tersebut…apakah untuk windows XP , Vista , windows 7 atau bisa disemua sistem operasi.Tanpa mengetahui spesifikasi tersebut jangan coba-coba install program , karena akan mengecewakan anda bila komputer anda menjadi blue screen.

Blue screen yang diakibatkan kerusakan hardware :

  1. RAM : memori RAM , baik itu SDRAM , DDR 1 , DDR2 ataupun DDR3 bisa menjadi penyebab komputer anda blue screen.masalah sebabnya bisa karena kotor konektor pin dari RAM atau karena frekwensinya.
  2. Harddisk : kerusakan pada harddisk bisa juga menyebabkan blue screen pada komputer anda …baik kerusakan secara fisik ( bad sector ) ataupun karena masalah kesalahan di file sistemnya.
  3. Firmware : firmware bisa disamakan dengan bios di motherboard.hampir disemua peralatan berbasis komputer memiliki yang namanya firmware.yang berfungsi untuk menyimpan data dari peralatan tersebut.Firmware karena juga software , bisa juga terjadi masalah yang akan menjadikan blue screen atau tidak terdeteksinya suatu alat komputer.
  4. Chipset : chipset didalam mother board bisa juga menjadikan masalah blue screen …terutama chipset northbridge dan juga chipset southbridge.

Ini diantara penyebab terjadinya blue screen didalam komputer anda…. untuk mengatasinya ….akan saya buat di tulisan saya selanjutnya…. ( bersambung )

 

 

 

Tentang Mpu-Elcom

Sholatku , ibadahku , hidupku , dan matiku , ku persembahkan untuk Allah tuhan Alam semesta...
Pos ini dipublikasikan di Maintenance dan tag , , . Tandai permalink.

9 Balasan ke Kenapa dan bagaimana mengatasi blue screen komputer

  1. numz berkata:

    klo waktu nginstal windowsnya jadi blue screen kenapa ya, padahal CPU baru blm pernah dipake

  2. Mpu-Elcom berkata:

    @numz: kemungkinan setting di BIOS-nya …kalau install Windows XP SATA harus posisi IDE atau conpatibel.
    Kalau Install Windows 7 harus posisi AHCI

  3. Hendra berkata:

    Waktu itu PC saya bluescreen, saya g hafal peringatan apa waktu blue screen, kmudian PC restart dan berjalan normal lg. Itu krn apa y?

  4. Mpu-Elcom berkata:

    @Hendra: bisa aplikasi error.. baik kena Virus….

  5. khaiz berkata:

    kenapa ea komputer ane bluescreen,aku coba pake RAM yg lain’a udah bisa apakah itu ram’a yg udah rusak

  6. taufiq berkata:

    “kalau install Windows XP SATA harus posisi IDE atau conpatibel.
    Kalau Install Windows 7 harus posisi AHCI.”
    ternyata ini penyebabnya laptop ku blus screen trus sewaktu intall.
    problem solved, thks bos.

  7. beny ishar berkata:

    kok nggak update lagi bro…

  8. anjas berkata:

    klo blue screen harddis ny bisa jd kena gk?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s