Kenapa dan bagaimana mengatasi blue screen komputer Bag-2

Untuk lanjutan dari tulisan yang sebelumnya…. sekarang akan saya ceritakan sedikit pengalaman cara mengatasi blue screen.

Saya mulai dengan blue screen yang disebabkan oleh software….

Mengatasi blue screen karena software :

  1. Karena Virus….cara menanganinya kita harus membersihkan semua Virus infektor yang telah masuk ke file sistem atau file aplikasi.Virus yang jenis infektor antara lain: Sality.. Virus ini menginfeksi file exe dan juga mematikan semua anti virus yang terkenal.Juga menutup semua aplikasi yang bernama anti virus.Sehingga bila install anti Virus tidak mungkin bisa kalau tidak direname.Untuk membersihkannya kita bisa menggunakan salitykiller.Atau komputer yang sudah terinfeksi bisa download >disini< Virut…adalah virus infektor yang juga mirip cara kerja sality… untuk membersihkan gunakan virutkiller Ramnit…virus infektor ini bahkan lebih hebat cara penyebarannya…. untuk dapat dibersihkan oleh anti virus indonesia ( bangga… sebagai bangsa…🙂 )    nama pembersihnya RAmnit killer buatan PCMAV anti virus Indonesia.Dan ada juga infektor seperti: WIn32 Chir B , Alman dan lain-lain.
  2. Mengatasi blue screen karena install driver yang salah : Caranya: silakan booting komputer dan masuk boot menu ( tekan F8 waktu booting awal ) dan pilih safe mode atau safe mode with command prompt.Setelah tampil windows , atau kalau ada user pilih user yang biasa dipakai atau pilih administrator.Jika driver tersebut ada setupnya / ada installernya… silakan uninstall dari add remove program atau di start menu >>all program.Tetapi bila tidak ada masuk ke device manager dan cari hardware yang baru diinstall pilih remove atau uninstall.
  3. Karena sistem operasi , kita harus install ulang dengan sistem operasi yang sesuai dengan hardwarenya.
  4. Karena aplikasi / program…caranya : sama dengan lblue screen karena driver .

Blue screen yang diakibatkan kerusakan hardware :

  1. RAM… cara mengatasinya , kita bisa membersihkan konektor yang ada dimemori RAM ( berwarna kuning tembaga ) dengan cara menggosoknya dengan penghapus pensil…ingat !! jangan sekali-kali menggunakan kertas gosok.
  2. Harddisk , bisa mengakibatkan blue screen karena berbagai hal.Diantaranya yang terparah adalah bad sector fisik dari media harddisk…karena cara menanganinya harus menggantinya ( harddisk ) yang sering adalah bad program untuk mengatasinnya harus menggunakan low level format atau wiping harddisk.Yang lebih sering dikarenakan file sistemnya bermasalah….bisa dikarenakan mematikan komputer tanpa prosedur yag benar ( tidak di shutdown ).Listrik sering mati  dll. Untuk mengatasi permasalahan file sistem kita bisa menggunakan live CD mini Windows XP atau booting dari sistem windows lain.DAn kita gunakan perintah : CHKDSK /F  di cmd ( command prompt ).Misalnya yang ingin dibenahi file sistem di drive C , maka kita bisa ketikkan : CHKDSK / F    C:
  3. Untuk kasalahan yang disebabkan firmware…. kita harus install ulang firmwarenya ( flash ROM ). Dan untuk ini diperlukan ilmu dan peralatan / software khusus.
  4. Untuk Chipset ataupun IC di peralatan komputer diperlukan keahlian khusus yang berbasis elektronika ( solder menyolder…  :)    )

Mungkin  sedikit ini dulu diantara solusi menangani blue screen di komputer mudah-mudahan bermanfaat…..  untuk yang bersifat teknis ada software untuk melihat penyebab blue screen… yang nama programnya adalah BLUE SCREEN VIEW  selamat belajar…

 

Tentang Mpu-Elcom

Sholatku , ibadahku , hidupku , dan matiku , ku persembahkan untuk Allah tuhan Alam semesta...
Pos ini dipublikasikan di Maintenance dan tag , , . Tandai permalink.

4 Balasan ke Kenapa dan bagaimana mengatasi blue screen komputer Bag-2

  1. fira santo berkata:

    ulasan yang baik, untuk itu kiranya saudara mengulas lebih lanjut tentang blue sreen.
    coba saudara mengulas tentang mengatasi blue screen dengan kaspersky anti virus, karna kawan pernah mengatakannya

  2. hendri berkata:

    mana artikel barunya, gan?

  3. Mpu-Elcom berkata:

    @Boss hendri:sabar pak boss…segera…:)

  4. rifingin pintar berkata:

    Terima kasih sangat membantu buat saya yang masih awam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s