Firewall , port dan patch Windows…

Security , merupakan hal yang penting bila komputer kita terhubung dengan jaringan baik LAN , WAN apalagi Internet..

Karena didalam jaringan yang luas kita tidak hanya terhubung dengan komputer yang jujur / baik tapi kita terhubung dengan hampir semua karakter dan semua kepentingan. Ada yang ingin mencari dokumen penting , ada yang ingin mencuri , ada yang ingin merusak , mencoba kemampuannya dan banyak lagi yang lain.

Untuk itulah kita harus menjaga komputer kita agar tidak bisa kemasukan ataupun dikendalikan oleh pihak yang tidak berhak.. 🙂  , disinilah peran penting dari security system.

Sebenarnya sudah banyak software yang mempunyai fungsi security , misalnya: Zona alarm , spyware blaster dll , yang berfungsi untuk mendeteksi malware / spyware agar tidak sampai masuk ke system operasi komputer.

Tapi kalau kita mau mempelajari , sebenarnya di system komputer kita sudah ada security yang apabila kita maksimalkan akan lumayan ampuh untuk menjaga komputer kita dari serangan dari luar.

Diantaranya adalah:

  1. Automatic Updates , Fasilitas ini digunakan untuk menutup lubang security Windows yang disebabkan oleh kurang sempurnanya file System yang terdahulu . Update ini dikenal dengan nama patch Windows update.Misalnya untuk menutup penyebaran Virus Conficker agar tidak masuk ke komputer kita lagi , maka diperlukan update file patch windows patch windows-MS08-067 , patch windows-MS08-068 , patch windows-MS09-0001
  2. Untuk mendeteksi Lubang kelemahan di system kita agar kita mengetahui patch apa saja yang bisa kita download dan kita update secara offline kita bisa menggunakan software seperti Windows Vurnerability scanner
  3. Firewall , firewall didalam windows adalah pembatas / pengatur port – port apa saja yang diperbolehkan terbuka. Ini juga penjaga System dari kemasukan intruders yang berusaha masuk ke System komputer kita.
  4. meminimalis instalasi file / program yang bersifat clients – server.Instalasi ini juga bisa terjadi / berjalan disebabkan oleh file – file malware / spyware.
  5. Mematikan service.msc seperti : Task Scheduler , Server , Remote Registry , Telnet , usahakan untuk didisable.sehingga perintah net share dan net use tidak berfungsi..
  6. Kita juga bisa menggunakan gpedit.msc untuk membatasi fasilitas yang bisa digunakan untuk mengambil alih System komputer kita.
  7. Selalu update berita / pengetahuan , tentang System security yang sedang Trend saat ini.
  8. Hilangkan Centang / cek pada File and Printer Sharing for Microsoft Networks pada properties Local Area Connection ( setting IP address ).

Dan masih banyak lagi yang saya belum mengetahuinya misalnya : merubah default extension file System yang biasa digunakan untuk memasukkan perintah , baik ke Registry dll Contoh: .reg ubah menjadi open with notepad , juga extension , .vbs , .js , eml dst.

Untuk yang ada ide lain silakan dishare… disini tidak ada yang pandai , yang ada yang mengerti dahulu memberikan kepada yang lain….. semoga manfaat…

Tentang Mpu-Elcom

Sholatku , ibadahku , hidupku , dan matiku , ku persembahkan untuk Allah tuhan Alam semesta...
Pos ini dipublikasikan di Security dan tag , , , . Tandai permalink.

14 Balasan ke Firewall , port dan patch Windows…

  1. hendri berkata:

    usul, bos. gimana kalo kita lebih memasyarakatkan istilah komputer dalam bahasa indonesia? misalnya mengganti ‘system’ dengan ‘sistem’, ‘security’ dengan ‘keamanan’, dan ‘operating system’ dengan sistem operasi. tujuannya ya biar bahasa kita semakin oke. thx

  2. Mpu-Elcom berkata:

    @Bos Hendri: terima kasih sarannya… 🙂 akan saya coba belajar bahasa yang benar…

  3. smadav berkata:

    lagi nyari referensi antivirus yang bagus, eh malah nyantol di blog ini, smadav juni 2010 oke gak sih buat virus lokal?

  4. Mpu-Elcom berkata:

    @smadav: Kita harus bisa membuat anti Virus lokal semakin Oke… memang smadav bukanlah anti Virus yang sempurna… tapi setidak-tidaknya smadav bisa mengenali…Virus dan membuat Folder autorun.inf yang sangat membantu mengurangi penyebaran Virus Via UFD / HD portable…

  5. Gravor berkata:

    Resources like the one you mentioned here will be very useful to me! I will post a link to this page on my blog. I am sure my visitors will find that very useful.

  6. Delphine Strout berkata:

    Hey check out my blog too. I hope i have some fun stuff too.

  7. Legalsounds berkata:

    Wow!, this was a real quality post. In theory I’d like to write like this too – taking time and real effort to make a good article… but what can I say… I procrastinate a lot and never seem to achieve anything

  8. Corey Stewart berkata:

    Thanks for sharing, I like this blog!

  9. Here’s how Do you delete Ones blog comment which you kept by Somebody else blog? Without asking them To delete it, is There a means i may delete my own blog comments at person else’s website? I beg you aid(:

  10. Lane Swallow berkata:

    This post appears to recieve a good ammount of visitors. How do you get traffic to it? It gives a nice unique spin on things. I guess having something useful or substantial to talk about is the most important factor.

  11. Rillory berkata:

    hello thanks for the blog.

  12. You must for sure see your expertise in the work you write. The Asia hopes for more passionate webmasters like you who are not afraid to discuss how they believe. Always follow your heart. Cya Grafik Komputerowy.

  13. Mpu-Elcom berkata:

    @Grafik komputerowy: Tank’s …. 🙂

  14. I really enjoyed reading this site, this is great blog.

Tinggalkan komentar